Review Drama Korea Welcome to Samdal Ri, Balikan Sama Mantan - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Senin, 23 September 2024

Review Drama Korea Welcome to Samdal Ri, Balikan Sama Mantan

Assalamualaikum. Awal tahun ini mendadak saya tertarik dan ngeklik drama Korea Welcome to Samdal-ri. Padahal sejak Desember udah sering seliweran di layar TV kalo saya buka Netflix. Entah kenapa nonton thumbnail nya kok kebayang nya tuh genre fantasy. Gara-garanya ada semacam rumput laut yang nempel di tubuh Shin Hye Sun yang memerankan Oh Sam Dal. Wkwkwkk, halu banget membayangkan dia siluman air.

Ini sih efek sebagai penikmat drama Korea yang nggak ngikutin hebohnya drama serial terbaru. Jadi beneran buta tentang Drakor satu ini. Makanya saya termasuk telat nonton, baru akhir bulan Januari 2024 mulai tertarik memilih tayangan ini. Dan saya langsung terpikat dengan kehebohan Oh Sam Dal dan Yong Pil (Ji Chang Wook). Duhhh mereka tuh cocok banget jadi mantan kekasih di serial ini. 

Welcome to Samdal Ri


Padahal aslinya tuh Drama Korea Welcome to Samdal-ri udah bisa disaksikan mulai hari  Sabtu tanggal 2 Desember 2023 di Netflix. Tapi gak apa sih karena malah asik, nontonnya jadi enak. Karena saya males nonton on going.

Yang menarik dari Drama Korea komedi romantis ringan ini, menampilkan tradisi dan kebudayaan Pulau Jeju. Tahu dong kalo pulau ini memiliki pesona alam serta budaya yang unik.

Salah satunya adalah profesi Haenyeo yaitu sebutan untuk penyelam perempuan yang memanen hasil laut tanpa menggunakan alat bantu pernapasan. Keren banget sih karena hanya perempuan yang menjadi Haenyeo di sini.

Haenyeo

Pemeran Welcome to Samdal-ri

Ji Chang-Wook sebagai Jo Yong-phil
Shin Hye-sun sebagai Cho Sam-dal
Seo Hun-chul sebagai Appa Cho Pan-sik
Kim Mi-kyung sebagai Oemma Go Mi-ja
Shin Dong-mi sebagai Cho Jin-dal
Kang Mi-na sebagai Cho Hae-dal
Kim Do-eun sebagai Cha Ha-yul (putri Hae-dal)
Yu Oh-seong sebagai Cho Sang-tae (appa Yong-phil)

Lee Jae-won sebagai Wang Kyung-tae
Bae Myung-Jin sebagai Cha Eun-Woo 
Kang Young-seok sebagai Boo Sang-do
Yang Kyung-Won sebagai Jeon Da-Young 
Kang Gil-Woo sebagai Ko Chul-Jong 
Kim Min-Chul sebagai Kong Ji-Chan 
Baek Hyun-Joo sebagai Oh Geum-Sool 
Kim Mi-Hwa sebagai Yang Boo-Ja 
Yoon Jin-Sung sebagai Jeon Hye-Ja 
Sazal Mahamud sebagai Kim Man-Soo 

Lee Tae-Hyung sebagai Han Suk-Gyu 
Kim Hyun-Mok sebagai Kang Baek-Ho 
Jo Yun-Seo sebagai Bang Eun-Joo 
Han Eun-Sung sebagai Cheon Choong-Ki 
Kim A-Young sebagai Ko Eun-Bi 
Lee Do-Hye sebagai Yang Ji-Eun 

Sinopsis Welcome to Samdal-ri

Jo Yong Pil bekerja sebagai peramal cuaca di Pulau Jeju. Ia selalu tak ragu untuk mengutarakan pandangannya. Hingga membuat para pimpinan kewalahan dengan debat yang selalu bikin heboh. 

Ju Yong Pil sangat ahli dalam bidang cuaca karena ia hapal dengan siklus alam pulau Jeju. Hal ini membuatnya sering mendapatkan tawaran untuk pindah bekerja di kantor pusat di Seoul. Namun, ia selalu menolak tawaran tersebut. 

Dia pertama kali ingin menjadi peramal cuaca setelah ibunya meninggal karena ramalan cuaca yang salah. Ibunya dulu bekerja sebagai penyelam wanita. 

Sementara itu, sahabat masa kecil dan mantan kekasihnya yang bernama Jo Sam Dal bekerja sebagai fotografer fashion ternama dengan nama panggung Jo Eun Hye di Seoul. Dia berhasil mencapai puncak kariernya setelah bekerja keras sebagai asisten selama 8 tahun di industri tersebut.


Cho Sam Dal fotografer


Sayangnya, karena suatu hal ia terancam kehilangan kariernya sebagai fotografer. Jo Sam Dal kemudian harus kembali ke kampung halamannya di Samdalri. Di tempat tersebut Jo Sam Dal kembali bertemu dengan Jo Yong Pil setelah lama tidak berjumpa selama bertahun-tahun. Mereka kemudian semakin akrab hingga membuat hubungan keduanya berkembang romantis. 

Namun ada banyak halangan yang membuat keduanya memutuskan tak mungkin kembali bersama.

Review Welcome to Samdal-ri

Welcome to Samdal-ri memiliki fokus cerita pada dua orang tokoh yang diperankan oleh Ji Chang Wook dan Shin Hye Sun. Dua tokoh sentral yang menjadi nyawa dalam serial sepanjang 16 episode.

Ji Chang Wook memerankan tokoh bernama Jo Yong Pil. Ia telah bersahabat dengan Jo Sam Dal (diperankan oleh Shin Hyen Sun) sejak kecil. Bahkan kedua ibu mereka kayak janjian hamilnya bareng. Yang bikin surprise adalah hari kelahiran keduanya pun juga sama, hanya beda lima menit. Lucu banget sih.

Sejak kecil mereka selalu bersama. Ya karena kedua ibu masing-masing sahabatan. Meski selalu bersama, keduanya memiliki impian yang sangat berbeda.

Jo Yong Pil ingin menetap di kampung halamannya selamanya, sedangkan Cho Sam Dal ingin keluar dari kampung halamannya dan menetap di Seoul. Meski begitu Yong Pil juga punya impian bisa lolos seleksi menjadi pegawai ahli bidang cuaca di Swiss.

Banyak kejadian yang menggemaskan dari keduanya, terutama setelah mereka berjumpa lagi 8 tahun kemudian. Ketika Cho Sam Dal balik dari Seoul dengan alasan karirnya yang mendadak terhenti. Seperti ketika bertemu dalam acara bekerja bersama mengumpulkan hasil panen rumput laut.

Oh Sam Dal dan Yong Pil


Keduanya saling lempar rumput laut yang udah dikumpulkan dan  ditaruh di atas mobil pick up. Kejadian ini membuat oema Samdal marah dan mengusir keduanya dari tempat pengumpulan rumput laut.

Cho Sam Dal mengganti namanya menjadi Cho Eun Hye, memiliki karir sebagai fotografer handal. Namun sayangnya dia harus balik kembali ke Samdal Ri karena kasus asistennya yang mengaku bunuh diri akibat ditekan atau dibully Eun Hye. 

Sedih ya ketika bully yang sebenarnya justru terjadi dan dialami oleh Eun Hye. Akibat berita yang tidak seimbang, netizen yang selalu julid pun membela asisten Eun Hye tanpa tahu duduk perkara sebenarnya.

Sikap diam Eun Hye yang pasrah dan kembali ke rumah oema-nya di pulau Jeju, atau tepatnya di Samdal Ri, bikin orang tuanya terutama oema nya geram. Bukan hanya oema-nya, namun juga kakakanya Jindal dan si adik yang udah punya anak perempuan kritis dan cerdas.



Sikap setia dari kakak dan adiknya ini lah yang mendorong Cho Eun Hye balik ke desa kelahirannya. Tiga bersaudara ini udah terkenal banget menjadi tukang onar, suka menang sendiri, dan gila. Namun mereka saling suport tiap kali saudarinya mengalami masalah. 

Selain dua bersaudari yang menjadi suport system Cho Eun Hye, ada lagi empat sekawan yang semuanya laki-laki. Mereka adalah Yong Pil, Dang Su, Sang Do, dan Jo. Mereka berempat selalu siap menemani ketika Eun Hye mabuk atau sedih. Bahkan mereka siap mengantar ke rumah Eun Hye, so sweet banget ya persahabatnnya.



Kalo saya sih salut banget dengan Sang Do, meski udah lama menyukai Eun Hye namun dia tetap mau suport saat tahu gadis ini  masih suka pada Yong Pil. Dua kawan lainnya pun tak kalah setia, selalu ada untuk Eun Hye dan menjaganya dari wartawan licik yang datang dari Seoul.

Seruuu banget nonton Welcome to Samdal Ri, saya bahkan sampai mengulanginya tiga kali. Saking gemes dan nggak mau move on sih, hahahaa.

    
Terus terang saya yang belum ada satu tahun mulai menyukai nonton drakor, lebih memilih tontonan ringan. Yang penting ceritanya menghibur, seperti kesukaan Mbak Irawati, Blogger Buton Tengah yang memilih Film India sebagai tontonannya.

Bagi kalian yang belum nonton Welcome to Samdal Ri, bisa menyaksikannya di Netflix. Dijamin kalian bakal terharu biru dengan persahabatan lima sekawan. Juga hati kalian bakal meleleh menyaksikan kesetiaan warga desa, keluarga, dan teman-teman satu kelas Cho Sam Dal di Samdal Ri. Udah yaa review ala saya, sekian dan wassalamualaikum sahabat.

Tidak ada komentar: