September 2024 - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Selasa, 10 September 2024

Pintu : All in One Crypto App Terbaik Yang Memudahkan Investor Pemula
September 10, 2024 16 Comments

Pintu : All in One Crypto App Terbaik Yang Memudahkan Investor Pemula 

Pintu All on One Crypto


Assalamualaikum Sahabat. Saat ini gen z dan milenial nampaknya makin peduli dengan investasi sejak dini. Saya senang ketika dua anak kami yang udah dewasa dan memiliki penghasilan, mengajak diskusi tentang investasi. 

Kalo saya selama ini hanya mengenal investasi klasik yaitu emas karena lebih mudah dicairkan. Ternyata ada loh investasi yang juga mudah dicairkan, yaitu Pintu : all in one crypto app yang terbaik dan yang memudahkan investor pemula.

Gen z Mulai Sadar Investasi

Gen z yang katanya hobi jajan online, ternyata tidak menghabiskan pendapatannya untuk hal konsumtif. Mereka sudah memiliki wawasan seputar investasi lebih luas. Mereka bisa ngobrolin crypto dengan asik dan saya menjadi pendengar setia.

Saya hanya tahu kalo trading crypto adalah salah satu jenis investasi baru yang menggunakan mata uang digital. Transformasi digital setidaknya memunculkan hal baru yang menarik minat gen z termasuk investasi crypto. Dengan menginvestasikan uang mereka melalui sebuah platform online atau digital untuk memperoleh keuntungan. 


Bagi gen z menyimpan uang di bank hanya digunakan untuk transaksi pembayaran. Sementara untuk investasi mereka lebih menyukai dengan sistem digital. Investasi digital ini melalui platform dan teknologi digital yang memfasilitasi pembelian dan penjualan aset keuangan. 

Salah satu jenis investasi yang menggunakan mata uang digital adalah crypto. Investasi crypto merupakan salah satu bentuk investasi yang muncul karena transformasi digital. Investasi crypto adalah sebuah praktik membeli, menyimpan, atau melakukan perdagangan dengan cryptocurrency atau mata uang digital.

Keuntungan yang menarik minat gen z dengan investasi crypto adalah potensi pertumbuhan nilai yang lebih cepat. Namun tentu saja ada risiko yang tinggi karena harga yang cenderung mudah berubah di pasar crytocurrency. 

Jadi sebelum mulai investasi, hal mendasar yang penting dilakukan adalah lakukan riset yang mendalam. Pahami aspek keamanan, pelajari strategi investasi yang baik sebelum memulai investasi.

Pintu: All In One Crypto App, Aman, Nyaman, dan Mudah 

Satu aplikasi yang menarik minat si sulung adalah Pintu aplikasi investasi crypto yang mudah digunakan dan aman. Saya sendiri langsung membaca review beberapa channel Youtube tentang investasi ini. Menarik loh karena ada yang gampang banget dijadikan acuan investasi bagi pemula.

Aplikasi Kripto Terbaik

Pintu adalah exchange pertama yang menghadirkan fitur Web3 Wallet di Indonesia. Pintu Web3 Wallet ini seperti dompet crypto yang aman, simpel, terpercaya, dan memudahkan pengguna untuk mengakses trading, dApps, staking, airdrop hunting, gaming, dan NFT. Hal ini termasuk juga memudahkan untuk mengelola jaringan blockchain populer, termasuk Ethereum, BNB Smart Chain, Polygon, dan Arbitrum. 

Akses Seluruh Ekosistem Web3 dengan menjelajahi beberapa situs Web3 via WalletConnect dengan satu tap seperti :
  • Airdrop Hunting, berburu airdrop crypto untuk menikmati berbagai reward yang menguntungkan
  • Trading aset digital di berbagai decentralized exchange (DEX) di situs yang populer seperti Uniswap dan Pancakeswap
  • Staking, mendapatkan keuntungan yang bisa kamu dapatkan selain bunga dari aset yang disimpan
  • Gaming, kamu bisa menelusuri serunya dunia game menggunakaan blockchain di situs gaming populer misalnya Axie infinity atau Sandbox
  • NFT, fitur yang bisa kamu kelola dan melakukan trading koleksi digital, artwork, ataupun karya lainnya di marketplace NFT populer

Fitur-Fitur dalam Aplikasi PINTU

- Teknologi MPC Untuk Menghilangkan Risiko Kegagalan Tunggal

Teknologi Multi-Party Computation (MPC) yang digunakan Pintu memprioritaskan keamanan tambahan seperti Firewall Web3 dan Cloud backup. Firewall Web3 ini fungsinya untuk memberitahu kamu jika transaksi memiliki risiko penipuan. Cloud Backup menyimpan MPC Key share di layanan cloud pribadi pengguna. 

Jadi bagi pemula yang ingin investasi pun merasa aman karena fitur ini meminimalisir risiko kegagalan tunggal dan ancaman peretasan. Karena kamu memiliki akses penuh atas aset yang kamu investasikan tanpa ada pihak lain yang bisa mengaksesnya termasuk Pintu. Hal ini karena Pintu tidak memiliki user encryption key, yang hanya disimpan secara pribadi oleh pemiliknya.

Sebelum kamu melakukan penandatanganan transaksi, kamu menandatangani key share yang kamu miliki dan ini otomatis key share Pintu akan menandatangani sesuai perintahmu. Jadi Pintu tidak bisa mengakses dan melakukan transaksi apapun pada wallet yang kamu miliki tanpa persetujuanmu. 

- Berburu Airdrop Dengan Pintu Web3 Wallet

Dunia crypto menawarkan kesempatan luas mencari keuntungan finansial. Salah satu strateginya adalah berburu airdrop. Banyak proyek crypto yang sukses dan melakukan airdrop token pada penggunanya. Jumlah token pun tidak sedikit, bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Saya belum pernah berburu airdrop, selama ini baru mempelajari dari beberapa website. Dan berikut ini salah satu cara berburu airdrop yang bisa dijadikan panduan dalam proyek crypto.

Kinza Finance adalah protokol pinjam meminjam aset crypto yang terdesentralisasi dan beroperasi di atas BNB Chain. Sistem pinjaman menggunakan liquidity pool. Maksudnya adalah pemberi pinjaman menyetor aset crypto untuk menyediakan likuidiitas sekaligus sebagai jaminan. Kemudian dia dapat meminjam dana dari jaminan tersebut dalam kontrak yang sama.

Pemberi pinjaman akan mendapatkan sebagian dari bunga yang dibayarkan oleh peminjam. Selain itu, peminjam juga nantinya akan mendapatkan sebagian dari emisi token KZA.

Kinza memberikan potensi airdrop token KZA sebanyak 5% dari total pasokan token atau 5 juta KZA setelah Token Generation Event (TGE). Airdrop ini memulai Kinza Wars dengan memberikan rewards kepada para pendukung awal platform. Pengguna yang berpotensi mendapatkan airdrop adalah orang yang melakukan staking, memberikan suara (voting), berpartisipasi, dan mendapatkan penghasilan di periode awal. 

Cara mendapatkan airdrop Kinza Finance

Kamu bisa menjadi salah satu pengguna awal Kinza dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
  • Kunjungi website https://app.kinza.finance/#/, lalu hubungkan Pintu Web3 Wallet melalui WalletConnect.
  • Pilih aset crypto yang ingin kamu setorkan, misalnya BNB.
  • Klik ‘Supply’, lalu masukan jumlah aset.
  • Konfirmasi transaksi melalui Pintu Web3 Wallet.
Sumber gambar : KINZA
  • Setelah berhasil menyetor BNB, kamu bisa meminjam aset dengan klik ‘Borrow’ di sebelah kanan layar.
  • Masukan jumlah yang ingin kamu pinjam, lalu konfirmasi transaksi di Pintu Web3 Wallet.
sumber gambar : KINZA
  • Setelah berhasil meminjam aset yang sama, kamu bisa melunasinya dengan klik ‘Repay’.
  • Masukan jumlah maksimal, lalu konfirmasi transaksi di Pintu Web3 Wallet.
Kamu bisa mempelajari lebih lanjut di website Pintu agar memahami berbagai risiko serta cara mendapatkan poin. 

Pintu Earn Untuk Mendapatkan Bunga Tambahan

Fitur yang wajib dicoba bagi pemula adalah Pintu Earn. Fitur inovatif Pintu ini memungkinkan kamu mendapatkan bunga yang lebih tinggi. Caranya adalah dengan menyimpan aset crypto ke dalam Pintu Earn. Setelah top up saldo ke Pintu Earn, perhitungan bunga langsung dimulai. Ada dua pilihan dalam Pintu Earn ini yaitu Flexi Earn dan Locked Earn.
 

~ Flexi Earn

Fitur Flexi Earn ini merupakan pilihan tepat bagi kamu yang menginginkan  Flexi Earn ini merupakan pilihan tepat bagi kamu yang menginginkan fleksibilitas dalam berinvestasi. Bunga yang ditawarkan lebih tinggi dan dibayarkan setiap jam selama aset masih ada di dalam saldo. Kamu juga bisa menarik saldo kapan saja untuk kenyamanan dan fleksibilitas yang tinggi.

~ Locked Earn

Ini menjadi pilihan tepat bila kamu menginginkan bunga yang lebih tinggi yakni sebesar 14,1% per tahun. Namun bunga yang kamu terima akan dibayarkan setelah periode kunci (30 atau 90 hari) berakhir. Fitur ini cocok bagi kamu yang menginginkan investasi jangka panjang dengan keuntungan yang lebih tinggi.

PTU Staking untuk Nikmati Keuntungan Tambahan

PTU Staking ini adalah keuntungan yang bisa kamu dapatkan selain bunga dari aset yang disimpan. Fitur ini adalah dengan mengunci saldo aktif PTU untuk mendapatkan bunga yang lebih tinggi. 

Kamu juga akan mendapatkan Bonus Komisi Referral tambahan hingga 35 %. Bila kamu bisa meningkatkan level staking PTU, bisa mendapatkan Bunga Earn Lebih Tinggi. Kamu juga bisa Gratis Kirim Semua Aset ke Blockchain untuk mendapatkan kuota harian untuk gratis kirim semua aset ke jaringan blockchain yang didukung Pintu.

Auto DCA (Dollar-cost Average) Untuk Nabung Rutin Crypto Setiap Bulan

Bagi pemula mungkin ada rasa takut memulai trading. Bagaimana kalo keputusan mengambil pilihan investasi bukan yang terbaik? Atau faktor risiko yang masih belum kamu ketahui? 

Tenaaang, karena Aplikasi Pintu menawarkan fitur Auto DCA (Dollar-Cost Averaging) yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pembelian aset kripto dalam jumlah yang sama secara berkala. Misalnya, membeli aset tertentu setiap bulan, minggu, hari, bahkan jam.

Dengan berinvestasi secara rutin, investor dapat meminimalisasi dampak volatilitas harga aset crypto. Hal ini karena mereka membeli aset pada interval waktu yang berbeda. Investasi yang dilakukan juga dengan metode harga beli rata-rata, tidak menginvestasikan asetnya satu kali pada satu harga. Ini meminimalisir risiko jual rugi saat harga aset turun secara signifikan.

Dengan penerapan DCA dalam jangka panjang, investor dapat memaksimalkan peluangnya untuk mendapatkan keuntungan.  Metode ini sangat cocok untuk investor pemula dan investor jangka panjang.

Caranya gimana? Apabila kamu tertarik dengan Auto DCA, dan bisa mulai menabung sejumlah uang, misalkan 1 juta rupiah. 

Simulasi Nabung Rutin

Berikut cara menggunakan fitur Auto DCA:
  • Buka aplikasi Pintu lalu klik ‘Auto DCA’ atau ‘Nabung Rutin’.
  • Pilih kolom aset yang akan kamu gunakan untuk nabung rutin.
  • Masukan jumlah rupiah untuk nabung rutin kamu (misal 1 juta rupiah).
  • Atur jadwal pembelian (tanggal dan waktu bisa pilih bulan untuk memudahkan kamu nabung rutin bulanan). Pastikan saldomu cukup untuk melakukan pembelian.
  • Klik ‘Konfirmasi Nabung Rutin’.

Pintu Pro Untuk Pengalaman Trading Crypto Lebih 

Nah, ini adalah Aplikasi di Pintu bagi mereka yang sudah memiliki kemampuan membaca analisis trading secara menyeluruh. Pintu Pro ini merupakan fitur baru di Pintu yang dibuat untuk memaksimalkan pengalaman dan profitabilitas trading bagi pro trader. 

Pintu Pro dilengkapi dengan berbagai tools trading yang canggih seperti pro charting, beragam jenis tipe order trading dengan order book terpusat yang memudahkanmu. Semuanya dikemas dengan antara muka yang user-friendly untuk memberikan pengalaman trading yang mudah dan memuaskan.

Pintu Pro hadir dengan biaya trading yang lebih rendah. Berkat biaya transaksi yang lebih rendah, maka porsi profitabilitas yang diperoleh juga akan meningkat.

Tak hanya berbiaya lebih rendah, Pintu Pro juga menerapkan mekanisme fast order execution. Kemungkinan terjadinya perbedaan antara harga yang diharapkan dan harga yang dieksekusi menjadi lebih kecil. Sebuah hal yang sangat penting ketika melakukan transaksi dalam jumlah besar atau ketika sedang terjadi fluktuasi harga di pasar.

Keuntungan lain menggunakan Pintu Pro adalah kamu bisa melihat order book secara lebih detail. Pintu Pro menampilkan daftar bid dan ask serta kedalaman pasar sehingga kamu bisa menentukan titik untuk melakukan jual/beli secara lebih optimal.

Mulai Trading Pintu Pro

Untuk mengakses Pintu Pro, kamu bisa menuju Homepage Pintu. Setelah itu, klik tombol switcher yang ada di pojok kiri atas dan pilih opsi Pintu Pro. Homepage kamu akan secara otomatis berganti menjadi Pintu Pro.


Kesimpulan Review PINTU, Aplikasi Crypto Terbaik dan Terlengkap di Indonesia

Menuliskan apa yang sudah saya pelajari dari informasi seputar Pintu, aplikasi crypto terbaik di Indonesia, banyak banget wawasan baru yang masuk dalam memori otak saya. Sebagai pemula yang ingin mempelajari seluk beluk crypto dan inginnya meminimalisir risiko, masih butuh waktu untuk praktek langsung. Namun ada satu fitur yang menarik minat saya untuk belajar sambil praktek yaitu Auto DCA karena seperti nabung rutin secara berkala. Semampunya aja, setiap bulan setelah gajian.

Pintu juga memiliki komunitas yang besar dan aktif sehingga kamu dapat bertukar informasi dan belajar tentang cryptocurrency dengan pengguna lain. Kamu juga bisa baca-baca fitur yang ada di website Pintu seperti Edukasi. Di sini ada fitur Academi, Kelas, Artikel, dan Kamus. Kamu bisa belajar dan  mendapatkan berita dan update terbaru tentang dunia crypto. Semoga membantu ya. Wassalamualaikum.


Sumber Materi :

- https://pintu.co.id/academy/class?difficulty=kurikulum-pemula
- https://pintu.co.id/pro
- https://www.youtube.com/watch?v=BQOWZbjWkX8
- https://pintu.co.id/earn
- https://pintu.co.id/faq/cara-mengakses-dapp-melalui-pintu
- https://pintu.co.id/academy/post/berburu-3-proyek-airdrop-ini-dengan-pintu-web3-wallet
Reading Time:

Senin, 09 September 2024

Hasanah Tour & Travel Semarang, Biro Perjalanan Haji & Umroh Plus Wisata Halal Terlengkap dan Amanah
September 09, 2024 18 Comments
Assalamualaikum Sahabat. Kerinduan beribadah di masjid yang dijanjikan Allah SWT akan mendapatkan 100.000 kali pahala, menjadi impian umat muslim dari seluruh dunia. Bahkan jemaah yang udah berhaji pun ingin mengulang ibadah umroh berkali-kali. Bagi yang belum pernah, impian ingin umroh menjadi tujuan hidup hingga kadang ada pula yang tertipu oleh biro perjalanan umroh yang tidak amanah. Saya ingin mengenalkan biro perjalanan umroh dan haji yang amanah yaitu HASANAH Tour & Travel. Simak lebih lanjut yaa!


Berlatar belakang banyaknya kejadian atau hal buruk yang menimpa calon jemaah umroh atau haji, HASANAH Tour & Travel didirikan dengan upaya menjadi mitra terpercaya bagi setiap individu yang merindukan Baitullah. Banyak calon jemaah umroh yang ingin melaksanakan ibadah lebih khusyuk dan berkesan di tanah suci. Ibadah yang dalam perjalanannya diiringi rasa nyaman, tanpa ada pikiran atau kecemasan dan ketakutan tentang biro Perjalanan Haji dan Umroh (PHU) abal-abal.

Nah, hari Jumat pagi saya dan teman-teman blogger diundang oleh Hasanah Tour & Travel untuk berkunjung ke kantornya yang terletak di pusat kota. Kantor Hasanah sangat nyaman, dengan dekorasi standar umumnya biro perjalanan haji dan umroh. Seperti adanya info paket umroh, tempat duduk, bahkan ada fasilitas air mineral bagi pengunjung.

Di sini ada staf Hasanah yang siap membantu calon jemaah haji dan umroh yang ingin menanyakan seputar paket perjalanan ibadah ke tanah suci serta wisata halal di berbagai negara lainnya.



Ruangan yang adem dengan pendingin udara mampu mengusir udara panas dari luar tempat saya semula berjalan. Iya lah Semarang itu panas banget meski masih cukup pagi ya, kurang lebih pukul 9 saya memasuki tempat parkir Masjid Baiturrahman.

Kami berkumpul di ruang meeting dengan pendingin udara yang sejuk dan bikin mager, Masya Allah. 

Ibu Rita Rhoy Kana, S.S
Ibu Rita sharing
pengalaman jemaah


Ibu Rita Rhoy Kana, S.S selaku Kepala Cabang Utama Hasanah Tour & Travel Semarang bersama mba Vita dan mas Panji menyambut kami dengan ramah. Siang itu bincang-bincang mengalir hangat dan menyenangkan.

Mengenal HASANAH Tour & Travel Lebih Dekat

HASANAH Tour Semarang adalah brand dari PT Asyesa yang didirikan pada tanggal 7 Mei 2014. Biro perjalanan haji dan umroh ini didirikan oleh Bapak H. Ari Tri Priyono, yang awalnya berkonsentrasi pada properti syariah yaitu PT Risqon Hasanah Mulia. Beliau diminta untuk membuat biro travel karena selama melakukan ibadah umroh, antara akad dengan kenyataannya selalu berbeda. 


HASANAH Tour & Travel juga memiliki Dewan Syariah untuk memantau kebijakan bila diperlukan untuk perjalanan yang sesuai dengan akad dan kenyataan di lapangan. Namun perkaranya ibadah haji dan umroh itu banyak faktor di luar kendali HASANAH Tour & Travel. Seperti peraturan di Arab Saudi, pemerintah Indonesia, bahkan aviasi juga yang mempengaruhi banyak faktor. Namun bagaimanapun kondisi di lapangan, HASANAH Tour & Travel tetap berpegang pada akad di awal. 

Pernah loh kejadian ada rombongan yang berangkat, tiba di sana, mendadak pihak hotel mengembalikan uang yang udah disetorkan. Gara-gara ada harga lebih bagus dari travel lain, dan Hasanah tidak bisa menolaknya. Nah di sini lah pihak HASANAH Tour & Travel akan memberikan ganti hotel yang setara atau upgrade ke hotel di atas yang udah dijanjikan. Jadi tidak bakal memberikan hotel dengan harga yang lebih rendah dari akad. 

Secara korporasi HASANAH Tour & Travel yang merupakan brand dari PT Asyesa yang telah memiliki SK dari Dirjen Penyelenggara Perjalanan Haji & Umroh Kementerian Agama RI, sebagai Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU) dengan Nomor Izin Terbaru : U.556 Tahun 2020 dan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) No.716 Tahun 2021.

Dengan ijin dan resmi terdaftar di Kementerian Agama sebagai Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh, selama proses perjalanan dan operasional pemberangkatan jamaah Umroh selalu dipantau oleh Dirjen PHU Kementerian Agama RI. Jadi bagi kalian yang ingin beribadah dengan rasa aman, nyaman, dan tenang, selama di tanah suci, bisa memilih HASANAH TOUR & TRAVEL. 

Hingga sekarang HASANAH Tour & Travel sudah memiliki 14 cabang utama di seluruh Indonesia dan berpusat di Bekasi. Untuk Kantor Cabang Utama Semarang lokasinya ada di tempat strategis. Yaitu terletak satu wilayah dengan Masjid Raya Baiturrahman di Simpang Lima Semarang, bersebelahan dengan Bank Muamalat. Masih ada kantor cabang di berbagai kota di Jawa Tengah, yaitu di Temanggung, Blora, Kudus, Pemalang, Pati, dan Magelang.

Visi HASANAH Tour & Travel :
Menjadi Perusahaan Tour Travel & wisata islami Yang Terdepan, Terpercaya & Menjadi Qudwah Hasanah
Misi HASANAH Tour & Travel :



Nah, setelah tahu profil dari HASANAH Tour & Travel semoga kalian makin yakin mempercayakan perjalanan ibadah haji dan umroh bersama keluarga atau teman-teman. Seperti yang selama ini sudah dilakukan oleh 5000 lebih jemaah yang mempercayakan perjalanan ibadahnya pada biro ini. 

Bukan hanya perorangan atau keluarga, bahkan corporate pun juga memilih biro PHU ini. Beberapa perusahaan besar pun ada yang memilih ikut biro PHU ini karena ingin beribadah lebih khusyuk.

Alasan Jemaah Memilih HASANAH Tour & Travel Sebagai Biro Perjalanan Umroh 

Sejak awal berdiri HASANAH Tour & Travel sudah berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi jemaah yang ingin menunai ibadah haji dan umroh. Dan terus berupaya menjadi mitra terpercaya bagi setiap jemaah yang mendambakan pengalaman beribadah khusyuk dan berkesan di tanah suci. 

Perjalanan ibadah haji dan umroh adalah anugrah yang sangat berharga. Bahkan biaya yang dikeluarkan pun tidak sedikit, bisa jadi dari hasil menabung bertahun-tahun. Dari sini komitmen HASANAH Tour & Travel untuk senantiasa memberikan pelayanan yang prima. Juga memastikan setiap jemaah bisa melaksanakan ibadah dengan tenang dan nyaman. 

Ada 6 alasan mengapa calon jemaah memilih HASANAH Tour & Travel :  

1. Kepastian Hukum Yang Jelas

HASANAH Tour & Travel sudah memiliki legalitas lengkap sesuai regulasi yang berlaku yaitu adanya :
  • Izin Kemenag RI No. 548 Tahun 2017, 
  • Izin Umroh (PPIU) PT ASYESA No. U.556 Tahun 2020
  • izin  Haji (PIHK) PT ASYESA No. 176 Tahun 2021

Hasanah juga sudah mengantongi Sertifikat Halal dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia. Sebagai jaminan dan pedoman Hasanah dalam memberikan layanan Umroh sesuai dengan syariah.

2. Harga Paket Yang Kompetitif

Banyak calon jemaah umroh tergiur harga murah dari flyer yang dipasang oleh biro PHU yang nakal. Namun bisa jadi itu akal-akalan pihak biro karena untuk menarik minat orang yang ingin umroh. Kenyataannya harga tersebut belum termasuk biaya macam-macam yang ketika semua dijumlahkan bisa melebihi biaya umumnya dari biro yang amanah.
 
HASANAH Tour & Travel sejak awal membuat paket udah dijelaskan lengkap. Jadi jemaah bisa melihat dari informasi produk, dari harga, fasilitas, dan apa aja yang akan diterima. Bila ada biaya tambahan pun juga sudah dijelaskan sejak awal sebelum akad dibuat. Nah, biasanya yang dikeluarkan adalah biaya paspor dan biaya lokal. Karena jemaah berangkat dari berbagai daerah jadi transportasi ditanggung oleh jemaah. Meski ada juga yang ingin semuanya diurus oleh HASANAH Tour & Travel.

3. Pelayanan Untuk Kepuasan Jemaah

Sebenarnya banyak loh yang ingin berangkat umroh tapi bingung memilih biro PHU. Mereka ketakutan karena banyaknya info di berita online bahkan stasiun tv yang mengabarkan tentang biro yang tidak amanah. Ada yang bisa berangkat sampai di tanah suci namun pulangnya tidak diberikan tiket pesawat. Atau hotel yang tidak sesuai dengan yang dijanjikan.

Dari pengalaman Bu Rita mengikuti pameran, pernah bertemu calon jemaah umroh yang takut daftar karena bertemu biro yang abal-abal. Hasanah hadir untuk memberikan rasa aman dan menghilangkan kecemasan yang tidak perlu seprti kasus yang beredar selama ini.

4. Tim Pendamping Yang Profesional 

Hasanah Tour & Travel ingin mengutamakan kenyamanan jemaah saat beribadah. Salah satu standar yang diterapkan oleh Hasanah, setiap 43 jemaah atau satu grup akan didampingi 3 orang. 

Dari keberangkatan ada 1 tour leader dan 1 pembimbing, sementara 1 muthawif akan bertemu di tanah suci. Muthawif tidak diambil dari TKI, karena banyak PHU yang seperti itu. Namun muthawif yang dipilih adalah mahasiswa atau lulusan S2 Al Azhar Mesir, Universitas Islam Madinah, dan dari Qassim University Mekah.. Karena muthawif ini akan membimbing jemaah dalam perjalanan ibadah di Makkah dan Madinah. Kemudian saat city tour tugas muthawif juga akan menceritakan tentang sejarah setiap tempat yang dikunjungi. Jadi muthawif diambil dari orang yang benar-benar memiliki pemahaman yang luas.

City tour yang dibimbing oleh muthawif
dan tim pembimbing Hasanah

5. Manasik Yang Fleksibel

Manasik adalah hak setiap jemaah. Jangan sampai sudah tiba di tanah suci tapi tidak tahu akan melakukan apa. Sedih ya kalo kejadian seperti ini. Bu Rita mendengar cerita, ada orang yang mengaku selama umroh tidak paham dengan ibadah yang sudah dijalani. Atau tempat-tempat mana saja yang mustajab untuk berdoa. 

Di Hasanah ada fasilitas manasik yang bisa diikuti jemaah dan datang ke Kota Semarang. Ada fasilitas tempat yang menyerupai Ka'bah dan dijadikan tempat manasik. Namun kalo tidak bisa ikut manasik di lokasi acara, bisa ikut manasik online. 

6. Pasti Berangkat

Hasanah pasti akan memberangkatkan sesuai yang ada di akad. Ada 5 Pasti Umroh yang juga dipegang oleh Hasanah. 5 Pasti Umroh merupakan kampanye dari Kementerian Agama untuk mengantisipasi banyaknya biro yang tidak amanah. Jadi ini adalah panduan untuk orang yang ingin berangkat umroh, pastikan 5 hal ini. 
  1. PASTI TRAVELNYA, yaitu pastikan biro perjalanan ibadah umroh udah memiliki ijin.
  2. PASTI JADWALNYA, jadi tanggal berapa sampai berapa sudah ada jadwalnya
  3. PASTI TERBANGNYA, sebelum terbang setiap jemaah harus mengantongi jadwal terbang pesawat PP. Karena ada banyak kejadian hanya dapat tiket saat berangkat, ketika pulang belum dibelikan tiket pesawat.
  4. PASTI HOTELNYA, harus tahu hotelnya dari nama dan lokasinya. Misal ada kejadian seperti yang dialami HASANAH Tour & Travel, biro tetap amanah memberikan ganti hotel sesuai akad atau di upgrade yang lebih di atasnya.
  5. PASTI VISANYA, sebelum berangkat sudah ada visa di tangan.

Keunggulan HASANAH Tour & Travel Yang Harus Kamu Perhatikan

Dari pengalaman yang sudah bertahun-tahun menjadi biro yang membantu perjalanan umroh para jemaah, HASANAH Tour & Travel memang yang terbaik. Berikut ini saya bagikan keunggulan biro ini :

1. Ada Dewan Syariah

Seperti di atas udah saya tuliskan kalo  HASANAH Tour & Travel itu memiliki Dewan Pengawas Syariah. Jadi ada beberapa kebijakan, misalkan ada dana talangan umroh dan haji, semua diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah.

2. Harga Pasti Anti Tagihan Tersembunyi

Paket produk yang ditawarkan pada calon jemaah adalah harga yang tercantum sudah termasuk semua item keperluan umroh. Seperti perlengkapan, handling, asuransi, hotel, tiket pesawat PP internasional (Saudi Arabia & Garuda Indonesia), transportasi di Makkah dan Madinah, makan 3x sehari, dan lainnya. 

3. Pasti Berangkat Anti Was-was

Artinya kalo jemaah sudah mendaftar ya pasti akan berangkat. Selama tidak ada faktor di luar misalkan seperti kejadian covid kemarin. Hasanah bermitra dengan provider visa umroh terpercaya dengan sistem IT yang langsung terhubung ke sistem Kerajaan Arab Saudi. Sehingga proses visa bisa dimonitor dengan baik. 

Jemaah juga akan mendapat kepastian penerbangan dengan kode booking yang jelas dari sistem informasi airline. Selama di tanah suci pun jemaah akan mendapat kepastian tur yang jelas, hotel berbintang, dan bus executive ber-AC.

4. Pembimbing Ibadah Yang Profesional dan Amanah


Sebagian pembimbing Hasanah Tour 

Hasanah Tour Semarang menempatkan pembimbing yang profesional. Jemaah akan mendapat tuntunan selama perjalanan ibadah umroh/haji dari pembimbing yang berpengalaman dan amanah.

5. Akses Pendaftaran Haji dan Umroh Yang Mudah dan Fleksibel

Jemaah bisa daftar via online seperti banyak yang sudah dilakukan dalam berbagai program kerja. Fasilitas teknologi yang membantu jemaah jadi tidak perlu datang langsung ke kantor. Atau bisa juga petugas dari Hasanah yang akan menjemput dana untuk biaya umroh ke rumah jemaah. Ini adalah kemudahan yang bisa dilakukan oleh Hasanah karena fleksibel dalam pelayanan pada jemaah yang mungkin memiliki waktu terbatas.

6. Lokasi Kantor Strategis


Jemaah yang ingin datang ke kantor Hasanah Tour Semarang juga gampang aksesnya. Karena kantornya terletak di kawasan strategis di pusat Kota Semarang. Hasanah memang ingin mengutamakan kemudahan akses pelayanan, itu lah sebabnya lokasi kantor berada di satu area dengan Masjid Baiturrahman.

7. Kemudahan Dalam Pembiayaan

Hasanah tour menawarkan kemudahan dalam pembiyaan ibadah haji dan umroh.  Hal ini dikarenakan Hasanah bekerja sama dengan mitra lembaga keuangan. Lembaga keuangan ini yang akan memberikan dana talangan dengan ketentuan yang berlaku.

Tentu kemudahan pembiayaan ini berlaku bagi calon jemaah yang memiliki penghasilan rutin setiap bulan. Dan tidak mempengaruhi kebutuhan hidup sehari hari. Jangan sampai sepulang umroh malah punya hutang.

8. Penghargaan dari Kementerian Pariwisata RI

Selain menawarkan paket haji dan umroh, Hasanah juga sudah lama memiliki paket tour ke beberapa negara. Pelayanan yang sudah diberikan selama ini terbukti berbuah hasil dengan penghargaan. Hasanah pernah meraih nominator Operator Haji dan Umroh Terbaik dalam Kompetisi Pariwisata Halal Nasional 2016 Kementerian Pariwisata RI.

9. Manasik dan Pengajian Intensif

Pengajian yg digagas
 alumni jemaah umrah

Hasanah memfasilitasi jemaah sebelum dan sesudah kepulangan ibadah umroh melalui program manasik dan pengajian rutin. Kegiatan ini dikelola oleh pembimbing Hasanah Tour internasional baik online maupun pertemuan bulanan. Sehingga jemaah insya Allah bisa mendapatkan umroh yang Mabrur.


Bahkan pengajian ini tadinya atas saran dari alumni jemaah umroh yang menginginkan rutin diadakan. Niatnya adalah untuk merawat semangat agar bisa beribadah lebih baik, bahkan bisa umroh lagi pada tahun berikutnya.

Paket Produk Haji dan Umroh HASANAH Tour & Travel 

Hasanah tour menyediakan paket umroh yang fleksibel, dengan fasilitas yang diinginkan calon jemaah, termasuk rencana perjalanan dan biaya yang sesuai. Beberapa produk paket haji dan umroh sebagai berikut :

Produk Haji

- Paket Haji Muda Hasanah Tour dengan niat berangkat haji selagi mudah, lebih cepat tanpa antrian lama, untuk mengoptimalkan fisik mumpung sehat dan kuat. Karena haji adalah ibadah fisik, bukan hanya mampu dalam bidang materi saja.
  • Paket Haji KHusus (ONH +) dengan waktu tunggu 5 - 8 tahun
  • Paket Haji Furoda, daftar tahun ini dan berangkat tahun depan dengan catatan mendapatkan ijin dari Kerajaan Arab Saudi. Jadi visa keluar mendadak.

Paket UMROH

- Umroh Eksekutif

Paket yang dirancang khusus memberikan pelayanan dan fasilitas premium kepada jemaah. Perbedaan utama paket ini dengan reguler adalah kualitas akomodasi, layanan penerbangan, dan tambahan fasilitas yang disediakan. Fasilitas city tour nya menarik loh, ada wisata atau ziarah ke Thaif yang terkenal sebagai kota dengan udara sejuk layaknya kawasan Puncak.

- Umroh Suka-suka (Umroh Privat)

Nah, paket ini cocok bagi mereka yang memiliki waktu terbatas. Jemaah bisa memilih waktu yang cocok bagi mereka, dengan fasilitas dan budget yang lebih fleksibel.  Jemaah bisa menentukan sendiri kapan waktu yang pas untuk umroh, baik bersama teman kerja atau keluarga.

Nah untuk umroh suka-suka atau privat ini biasanya tidak termasuk tiket pesawat PP. Jemaah bisa pesan tiket sendiri sesuai waktu yang diinginkan kelompoknya. Meski peserta nggak satu rombongan (40 jemaah), tetap ada manasik dan muthawif yang akan mendampingi jemaah selama di tanah suci.

- Umroh Reguler

Hasanah tour sudah menyiapkan paket umroh dengan pilihan jadwal keberangkatan serta pengaturan fasilitas yang ditentukan oleh biro. 


Calon jemaah cukup menentukan akan memilih tanggal keberangkatan, tentang detil perjalanan sudah aman semuanya.



- Produk BADAL

Ada dua produk Badal, yaitu haji dan umroh. Badal ini merupakan paket yang menggantikan orang lain untuk melaksanakan ibadah umroh atau haji dikarenakan orang yang dibadalkan sudah meninggal. Atau boleh juga orang yang sakit menahun, tidak memiliki harapan sembuh, dan tidak mampu hadir ke tanah suci untuk umroh atau haji.

Hasanah Tour juga menawarkan wisata halal yang menarik minat jemaah. Saat ini ada paket Wisata Halal Wonderfull Uzbekistan yang akan berangkat  tanggal 23 October 2024. Masih tersisa 32 seat dengan biaya 25.450.000 rupiah.

Testimoni Alumni Jemaah Umroh

Saat mencari lokasi Hasanah Tour & Travel, saya terus terang tertarik membaca ulasan di Google Map. Ini kayak kebiasaan saya ketika sedang mencari restoran atau tempat makan, hotel, bahkan tempat wisata agar punya gambaran dari orang yang sudah pernah berkunjung.
 
Nah, dari ulasannya ini saya menuju website Hasanah Tour & Travel, dan langsung baca testimoni alumni jemaah umroh. Testimonial dari jamaah yang sudah menggunakan Hasanah sebagai pengelola perjalanan umrohnya, beberapa menggugah minat saya.

Testimoni Ibu Rusminah, Jemaah I'tikaf 2024 :

Perjalanan kami sangat menyimpan kesan tersendiri, Mbak. Dulu pas kami melaksanakan haji, pelayanan agen yang saya ikuti tidak se-nyaman di Hasanah. Kalau di Hasanah, serasa selaras dengan hati kami. Dengan penuh rasa syukur Alhamdulillah, kami sangat senang dan puas dengan Hasanah. Semoga Gusti Allah ngasih rejeki yang barokah laagi untuk bisa umroh lagi dan gabung dengan Hasanah. Kepuasan itu ada pada hati kita masing-masing, Mbak. Jika kita bersyukur dengan apa yang ada, Insya Allah nyaman-nyaman aja. Saya pribadi merasa nyaman dengan Hasanah. Andaikan diberikan rejeki umroh lagi, Insya Allah tetap Hasanah
Testimoni ini saya kutip semuanya, tidak ditambah atau dikurangi. Terlihat ya kesan mendalam telah dirasakan oleh Ibu Rusminah selama perjalanan umroh bersama Hasanah saat bulan Ramadhan. Dari Ibu Rita, ada informasi Umroh I'tikaf untuk tahun 2025 sudah sold out. Masya Allah banyak jemaah yang tertarik dengan umroh khusus bulan Ramadhan ini. 

Testimoni jemaah umroh

Testimoni dari alumni jemaah umroh di atas mampu menyentuh hati kami, ingin banget bisa berangkat lagi beribadah ke tanah suci. Boleh bareng dengan keluarga seperti impian saya dan suami. Atau teman-teman tertarik umroh suka-suka untuk menyesuaikan waktu dan budget? 

Saya dan beberapa teman blogger yang datang ke Hasanah Tour & Travel, tertarik Paket Umroh + Aqso, semoga Allah azza wa jallah mengijabahi keinginan kami. Semoga bermanfaat ya, wassalamualaikum.
Reading Time:

Kamis, 05 September 2024

Popilush Shapewear Dress - Everything You Need for Every Occasion
September 05, 20240 Comments

Popilush Shapewear Dress - Everything You Need for Every Occasion

A woman's life can be divided into several phases and for each of them there is an ideal shapewear dress that enhances her beauty, creating natural harmony and fuel for her empowerment.

It is possible to include the use of shapewear in different types of events such as a simple lunch with friends where you can wear anything from a cooler to casual dress. But they can also be adapted for weddings, baptisms or even to attend a job interview, characterizing the need for more formal clothing.

popilush built in shapewear deep v neck


Wedding or gala events 

For formal evening events, the best thing to invest in is a maxi-length dress, as the length increases the feeling of elegance even more. Therefore, a shapewear dress with shiny fabric that resembles silk is an interesting option that you should opt for. Both the version with a V-neck and twisted neckline and the column style with thin straps because both exude a more luxurious air.


Therefore, the waist gains a visually slimmer touch through the incorporated shapewear mesh that leaves you free from visible fat or lumps. It's breathable, contours the shape of the back subtly through the extremely lightweight plastic mesh design.

Popilush shapewear dress


Barbecue or birthday party

More casual events leave you free to be a little more daring through a shorter length dress like a mini dress thick straps that aligns your curves, putting everything in place. You can feel comfortable at barbecues with friends, birthday parties and even a bridal shower. They are best suited for hot days, as they leave your legs well exposed. It goes great with a pair of sneakers or flat sandals. Lifts breasts through push-up style with double-layer fabric. The wide straps and removable cup are other attractive features that provide comfort. The butt is lifted through 3D buttock flexion. The tummy is softened by strengthening double-layer mesh.

Job interview or business events

You can define a cleaner, more professional and empowered appearance through an office shapewear dress that flatters your body shape ensuring that your credibility begins as soon as people look at you. It's a great option to use in a work presentation, lectures or job interviews. The belly is elegantly flattened by shapewear integrated into the abdominal area. The legs gain a smoother appearance with the shaping mesh. The hidden zipper in the back makes it easier to use and also helps hide any seam lines or seam markings in your final look.

Shapewear dress


Vacation or cruise trip

The shapewear dress is so perfect that it accompanies you from a simple walk in the park with the kids to a holiday trip to the countryside or a cruise. The body built into the dress defines your body with elegance without markings, being a perfect invisible resource for you to live your best version.


The thin straps can be adjusted, which allows your shapewear maxi dress to adapt very well to different body shapes, heights and sizes. The double-layer mesh tones the belly area, hips and helps with posture alignment. In addition, the butt gains an elegant touch with lifting technology for the BBL effect. It is available up to size 4XL, democratizing its use for a greater number of women.

Reading Time:

Senin, 02 September 2024

CRING! Talks Semarang, Solusi Teknologi Pembayaran Digital
September 02, 2024 20 Comments
Assalamualaikum Sahabat. Jumat siang nan terik, tepatnya tanggal 30 Agustus 2024, saya hadir dalam CRING! Talk Semarang. Bertempat di KOTTA Hotel yang terletak di kawasan kota lama Semarang, tentunya aksesnya mudah banget. Penasaran topik apa sih yang akan dibahas? CRING! Talks Semarang, Solusi Teknologi Pembayaran Digital.

CRING! Talks Semarang


CRING! merupakan layanan fasilitas pembayaran dan layanan perbankan yang diusung oleh PT. Solusi Pembayaran Elektronik (SPE) Solution yang terintegrasi dengan API (Application Programming Interface). Jadi nambah penasaran nggak sih?! Terlebih CRING! ini yang akan mendorong pelaku usaha bertransformasi digital untuk pembayaran digital.

Nah, saya pun bersemangat mengikuti talk show yang sepertinya bakal membuka mata tentang transformasi pembayaran digital yang penting bagi pelaku usaha. Alasannya juga karena saya tertarik untuk buka usaha di rumah. Semoga info yang akan dibagikan oleh narasumber bisa dengan mudah saya pahami.

Transformasi Teknologi Digital Berkembang Pesat

CRING! Talks Semarang diadakan di KOTTA Hotel yang dihadiri oleh pelaku usaha UMKM dan blogger. Menariknya saat saya datang, sudah banyak pelaku usaha yang hadir meski jam dimulainya talk show masih ada beberapa menit lagi. Nampaknya antuasias mereka karena ketertarikan pada produk yang akan dishare.

CRING! Talks Semarang

Host mba Iis Dayanti membuka acara dengan suara yang bersemangat. Menggugah perhatian kami yang hadir agar memperhatikan sesi sharing yang berlangsung. Kemudian mba Iis memperkenalkan pada sosok narasumber yaitu Mas Rio Agustra Anjany, selaku Vice President of Product SPE Solution.

Mas Rio menyoroti tentang perkembangan teknologi di Indonesia yang begitu pesat. Penduduk di Indonesia saat ini ada 277 juta jiwa, termasuk gen alpha. Dari data tersebut artinya ada 75,6 % dari gen x, y (milenial), z, dan alpha ini merupakan 'Tech Savy Population' artinya udah sejak kecil kesenggol dengan teknologi.

Yang artinya sejak mereka lahir, mamanya tanpa sadar udah mengenalkan perangkat teknologi. Seperti tontonan Youtube, dengerin lagu atau murotal, dan lainnya. 

Secara populasi mereka ini sudah terpapar dengan teknologi internet. Rata-rata orang di Indonesia main internet 8,5 jam, ngalah-ngalahin jam kerja. Artinya mereka bisa sepertiga hari dihabiskan di depan internet, entah untuk kerja, belanja online, atau stalking sosial media.

Masih ingat saat covid melanda Indonesia? Industri, juga pelaku bisnis (jualan di pasar, food court di mall banyak yang tutup). Namun pada saat pandemi itu pula, banyak usaha kecil bermunculan dari rumah. UMKM muncul dan memiliki peran  besar bagi perekonomian Indonesia. Pelaku usaha yang sudah mengimplementasikan transaksi pembayaran secara digital mampu bertahan selama pandemi.

Potensi Ekonomi Digital Indonesia 

Salah satu faktor yang paling mempengaruhi potensi ekonomi digital Indonesia adalah perdagangan. Kemudian diikuti oleh tiga sektor lainnya, transportasi, traveling, dan media. Prosentase perdagangan paling tinggi, ngalahin tiga sektor lain.



Seperti yang dituturkan oleh Mas Rio tentang perilaku masyarakat Indonesi sebagai pengguna teknologi, hal ini harus dipandang sebagai peluang. Fakta ini bisa menjadi kesempatan oleh pelaku bisnis dengan memanfaatkan teknologi karena ada potensi digital. 

Gen x (milenial) hingga gen z bahkan sebagian dari mereka udah bekerja. Mereka sudah memiliki akses dan bertanggung jawab memutuskan keuangannya sendiri. Dan mereka lebih nyaman melakukan pembayaran digital seperti e-wallet dan QRIS. Alasannya adalah pembayaran digital ini lebih praktis, mudah, dan aman.

Visi Pemerintah :
Tahun 2023 di Indonesia udah  mencapai 820 milyar dan potensinya bisa lebih. Bila data ini bisa terus tumbuh, akan menjadi 10 kali lipat dari tahun ini pada tahun 2030. 

Sektor paling besar yang mempengaruhi ekonomi digital terus berkembang adalah perdagangan. Sebenarnya perubahan teknologi digital dimulai marak sejak tahun 2019. Perputaran transaksi secara cashless selama tahun 2019 mencapai 142 triliyun dan nggak pernah turun hingga sekarang.

Kalian pasti sekarang kalo keluar rumah udah nggak lagi ribet dengan bawa duit tunai. Sekarang kita lebih nyaman melakukan transaksi pembayaran secara cashless. Kalo pelaku usaha tidak mengimbangi dengan penyediaan cara pembayaran cashless, dia akan ditinggal oleh konsumen.

CRING! Sebagai Solusi Teknologi Pembayaran Digital

Roda penggerak utama ekonomi di Indonesia lebih dari 65 juta adalah UMKM. Dampaknya tentu adalah bisa membuka lapangan kerja. Pemerintah dalam hal ini mendorong pelaku usaha agar lebih memaksimalkan potensi teknologi pembayaran digital.  

UMKM di Indonesia banyak yang berada di sektor perdagangan. Namun menurut peneliti Indef, baru 22 juta UMKM yang sudah go digital. Dan Jawa Tengah berada di peringkat 10 dengan daya saing digital tertinggi. 

Banyak masalah yang muncul bagi UMKM yang ingin berkembang namun terkendala teknolog pembayaran digital. Alasannya beragam, konsumen nggak punya akses keuangan yang praktis karena harus transfer ke bank yang berbeda hingga kena biaya administrasi mahal. Konsumen sekarang lebih suka pembayaran digital yang praktis seperti virtual account.

Digitalisasi bagi UMKM bisa dimulai dari Go online dan Go Cashless. Nantinya semua yang berhubungan dengan usaha akan terbantu dari stok di gudang, penghitungan kas masuk dan keluar dan lainnya. 

Meski ingin melakukan pembayaran digital, pelaku usaha menemukan banyak masalah yang rumit. 


Masalah pembayaran digital bagi UMKM


CRING! hadir dengan menyediakan portal web yang membantu UMKM untuk memonitor, mengelola kas masuk dan keluar, secara real time dalam satu pintu. Kalo UMKM yang gabung dalam toko online itu kan udah ada fasilitas transfer bank ataupun virtual account. Namun UMKM yang enggan gabung dalam toko online si orange atau si hijau, misalkan jualannya hanya di Instagram, kan gak ada fasilitas pembayaran digital. 

CRING memberikan layanan seperti Virtual Account, KYC (Know Your Customer) oleh bank, pembayaran dan pencairan dana, serta dukungan teknis 24 jam. Dengan standar keamanan tinggi (ISO 27001, PCI DSS), CRING memastikan setiap transaksi data terenkripsi dan aman, cocok untuk UMKM dan lembaga keuangan yang membutuhkan solusi digital yang praktis dan terpercaya.

Layanan CRING! memberikan dukungan bagi pelaku usaha sekaligus mendongkrak potensi ekonomi digital dalam jangka panjang. Bagi pelaku usaha, yuk Cari tahu bagaimana Anda dapat memanfaatkan CRING! Sebagai transformasi digital untuk bisnis Anda.

Pengalaman Hadir Dalam CRING! Talks Semarang 

Sebagai blogger yang tertarik ingin merambah dunia usaha, saya merasa tercerahkan dengan pemaparan narasumber. Sepertinya bukan hanya saya namun seluruh peserta yang hadir sangat antusias memberikan tanggapannya. 

Terlihat saat sesi tanya jawab, beberapa peserta banyak yang angkat jari ingin melontarkan pertanyaan seputar CRING! Bahkan isi pertanyaan beberapa pelaku usaha yang didominasi ibu-ibu ini sungguh kritis. 

Pelaku Usaha UMKM


Mas Rio sebagai narasumber memaparkan materi dengan jelas, detil, dan gampang dipahami. Termasuk dengan memberikan beberapa contoh kondisi di lapangan tentang potensi pasar dengan pembayaran digital yang semakin meluas. 

Setelah sesi tanya jawab usai, acara dilanjutkan dengan makan bersama serta networking. Dalam kesempatan ini masih ada loh peserta yang penasaran dan bertanya lebih lanjut tentang layanan pembayaran virtual account yang ditawarkan oleh CRING! Beberapa pelaku usaha juga daftar dan mendapatkan bimbingan cara mengisi formulir registrasi di web CRING!

KESIMPULAN CRING! TALKS SEMARANG

Saya berharap makin banyak pelaku usaha di Indonesia dan secara khusus di Kota Semarang menggunakan layanan pembayaran CRING! Apalagi pelaku usaha yang tidak melek teknologi, dijamin tidak kesulitan menggunakannya. Karena CRING! memberikan kemudahan pelayanan yang aman dan praktis.  Siap untuk mendigitalisasi transaksi bisnis Anda? Daftar untuk CRING! Payment Facilitator sekarang! 
Reading Time: