Mengenalkan Anak-Anak Games Edukatif Culinary Schools - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Jumat, 30 Agustus 2024

Mengenalkan Anak-Anak Games Edukatif Culinary Schools

Assalamualaikum Sahabat. Banyak orang tua yang khawatir saat mengetahui anaknya suka bermain games dengan menggunakan gadget. Bagi mereka, bermain games itu bakal menjadikan anak bodoh, malas belajar, dan lainnya. 


Culinary Schools

Sementara saat ini teknologi digital sudah mempengaruhi aktivitas kehidupan masyarakat. Dari pekerjaan kantor, belanja, sekolah, semuanya membutuhkan teknologi digital. Masih ingat saat pandemi kan? Ketika orang mesti di rumah dan akhirnya melakukan semua aktivitas mengandalkan teknologi. 

Orang kantoran bekerja di rumah, pelajar juga mesti belajar di rumah. Dan semua dihubungan dengan teknologi digital. 

Bermain Games Tidak Bakal Menjadikan Anak Bodoh

Bertambahnya usia anak akan membuat mereka mulai mengenal teknologi digital. Kapan anak boleh dikenalkan dengan perangkat gadget, semua itu butuh kebijakan orang tua masing-masing. Bermain video games adalah salah satu cara orang tua mengenalkan teknologi pada anak.  

Saya sendiri mulai mengenalkan anak bermain games ketika mereka tertarik melihat teman bermainnya tengah main games. Beruntung lah anak-anak bertanya tentang video games, saya jadi bisa ikut mempertimbangkan pilihan games dari PC di rumah. Sebagai orang tua saya hanya mengijinkan anak menggunakan gadget di rumah saja.      

Mengijinkan anak bermain games tentu harus diiringi dengan pengawasan orang tua. Bermain games tanpa pengawasan orang tua tentu akan muncul masalah. Tugas kita sebagai orang tua bisa mendampingi anak-anak bermain video games. Tahu sendiri kan kalo anak-anak nggak didampingi main games, bakal lupa waktu.

Peran orang tua mendampingi juga menjadi pemantau durasi mereka bermain video games. Kita pun bisa memberikan batasan kapan waktu anak-anak boleh bermain games.

Di samping efek negatif anak bakal lupa waktu karena main video games, ada manfaat yang terselip dari aktivitas ini. Anak-anak yang senang bermain video games, ternyata mampu mengendalikan emosinya. 

Coba deh saat kita bermain video games, dan muncul rintangan, otak kita akan mencari strategi yang jitu. Anak-anak juga sama loh. Mereka belajar sabar, tidak cemas dan tetap tenang dalam menghadapi rintangan dari games yang dimainkan. Kondisi ini dapat membantu mengajarkan anak untuk mengendalikan emosi.

Beberapa ahli psikologi juga menyatakan, bermain video games memberikan manfaat kecerdasan bagi anak. Otak berlatih lebih fokus dan berkonsentrasi, hinggak merangsang neurotransmitter dopamin. Ini berfungsi untuk menguatkan daya ingat atau melatih memori anak-anak.


Rekomendasi Game Edukatif Tentang Kuliner di Culinary Schools

Dari sekian situs bermain games online, saya menemukan Culinary Schools yang menawarkan koleksi ratusan permainan daring gratis. 

Di antara ratusan game yang ada di Culinary Schools, terdapat games untuk anak-anak. Pilihannya games di sini pun beragam, yaitu mulai dari Food Education Games, Serving Eaters, Other fun food, dan Brain games. Saya tertarik mengenalkan anak dengan Games Serving Eaters.

Di dalam Games Serving Eaters pun terdiri dari berbagai permainan yang detil. Ada games yang mengenalkan anak menjadi penjual di toko kelontong. Atau ada juga games bagaimana anak-anak akan diajak merasakan pengalaman menjadi koki, bekerja di dapur atau menjadi pelayan yang menyajikan pesanan pembeli. 

Di bawah ini adalah games yang ada di Serving Eaters :

- Grocery Stores, game yang menjual persediaan bahan makanan di toko kelontong

- Drinks, game menjual kopi dan cokelat panas

- Pizzerias, membuat pizza sesuai pesanan pembeli

- Cheeseburger, game restoran cheeseburger, menyiapkan burger sesuai pesanan pembeli

- Sandwich stackers, game menyajikan tumpukan sandwich, pancake, pastry cake

- Mexican Food, game tentang gerobak taco & restoran burrito

- LUNCH, game tentang restoran yang menyajikan sarapan dan makan siang

- DINNER, game tentang restoran, jajanan jalanan, shusi bar, dan lainnya untuk makan malam

- ice Cream, game embuat es krim yang sempurna

- DESSERT, game yang berisi membuat makanan penutup 

- Game Simulasi Bisnis Lainnya - menjalankan bisnis toko bunga lokal kecil atau toko perhiasan.

Nah, mari saya ajak untuk memainkan beberapa games di Serving Eaters :

1. Pizza Shop

game kids culinary

Anak diajak berperan dalam permainan simulasi 14 tahap yang dibatasi waktu, di mana pemain harus memberikan menu kepada pelanggan. Pembeli akan menyodorkan menu pesanan pizza dengan topping favorit masing masing.

Sebelum penjual menyajikan, terlebih dulu siapkan sepotong pizza dengan bentuk dan topping yang mereka inginkan. Gunakan kedua oven dan kedua tangan untuk mengerjakan beberapa pesanan sekaligus. 

Permainan ini lebih sulit daripada permainan lain dalam seri ini karena bagian pembuatan irisan dan topping pada level ini masing-masing membutuhkan sedikit waktu. Kalo tidak cepat dan tepat, pembeli akan pergi dengan kecewa karena penjul terlambat memenuhi pesanan.

2. BURGER SHOP


Game Burger Shops ini adalah game yang mengajak anak untuk merasakan pengalaman menjadi penjual burger. Tiap pembeli yang datang akan memesan burger dengan isian yang berbeda. Saat bermain game ini diharapkan anak-anak bisa menyajikan burger sesuai pesanan. 

Setiap pesanan disajikan di atas nampan. Susun bahan-bahan yang diminta sesuai urutannya, dari bawah ke atas. Setelah selesai, ketuk nampan dan antarkan, nanti mereka akan memberikan pembayaran.

Seru sih saat main game ini karena kalo kita menyajikan tidak sesuai pesanan, alasannya grogi, pembeli tidak akan membayar dan pergi begitu saja dengan wajah cemberut.

3. ICE CREAM

Video games Ice cream

Game yang mudah dimainkan oleh anak-anak. Di game ini, anak-anak diminta untuk menyajikan pesanan pembeli ice cream. Anak-anak diminta menyusun sesuai urutan yang udah ada contohnya di sisi kanan kotak permainan. 

Seru loh game ini dan pasti menjadi game favorit anak usia sekolah TK atau kelas awal SD. Tapi tetap dampingi anak-anak saat berman game ya.

4. CHOCOLATE SHOP


Games ini adalah menjalankan usaha toko coklat. Setiap pembeli yang datang akan memilih menu sesuai keinginan mereka. 

Anak diajak untuk menyajikan pesanan menu pembeli dan mengantarkannya untuk dinikmati. Pembeli akan membayar dan keluar apabila pesanannya sesuai keinginan mereka. Namun bila pelayanan terlalu lama, pembeli akan pergi dengan marah dan kecewa.

5. Flower Shop

Games Culinary School

Games yang mengajak anak bermain peran menjadi penjual di toko bunga. Penjual akan menerima pesanan pembeli, bunga apa yang diinginkan. 

Penjual harus cekatan menyiapkan bunga pesanan. Karena pembeli yang datang selalu berbarengan. Semua ingin dilayani secepatnya. 

Itu 5 pilihan games dalam website culinary schools yang udah saya coba. Sekarang saatnya kalian yang mencoba beberapa games tersebut. Wassalamu'alaikum. 

10 komentar:

  1. Wah bagus -bagus juga nih games nya..jadi pengen mengenalkannya ke ponakanku yg sdh mulai ribut pengen ngegame seperti om-omnya..

    BalasHapus
  2. Benar. Tidak selalu main game tuh bikin anak malas. Kita bisa mengenalkan mainan edukatif pada anak.

    BalasHapus
  3. Yg game ice cream kalau anakku tahu pasti suka. Btw eniwe, sbenarnya main game ga selamanya buruk, tergantung game yg dipilih. Jd sbg ortu hrs bisa memilah dan memilihkan game untuk anak.

    BalasHapus
  4. Jangankan anak2 mbak, saya aja suka loh mainan kayak gini. Yang jualan2 gitu deh, kayak jual burger, es krim, dsb. Buat anak2 bagus nih untuk melatih konsentrasi yaaa...

    BalasHapus
  5. Asyik banget nih bermain game Culinary School, menjadikan anak lebih kreatif dan menambah pengslaman. Dalam game serving eaters memberi pengalaman dan pengetahuan pada anak bagaimana merasakan menjadi penjual beberapa makanan.

    BalasHapus
  6. Hasna suka banget main games jual-jualan gitu, Mbak.
    Dia juga suka masak kan, jadinya kalau milih games juga yg ada masak-masaknya

    BalasHapus
  7. Aku sukaa game sejenis begini. Seru, hihi. Pastinya game Culinary School ini juga aman dan ramah anak ya Mbak.

    BalasHapus
  8. Kalo main games yang enak dan mudah aku betah pol mba wkwkwk tapi kalau yang susah males banget. Ini rekeomendasi keren sih culinary school

    BalasHapus
  9. games anak-anak cewek banget ya, pas banget ini di rumah ada 5 anak cewek, mereka paling suka emang jual-jual masakan hehe

    BalasHapus
  10. Nah, tipe games ini aku banget dulu waktu kecil. Ngelatih keceppatan, kecerdasan otak juga. Memang bagus yaa sis ini

    BalasHapus