Makanan Halal ala Drama Korea, Cek Restoran di Korea Selatan Yuk - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Kamis, 18 Juli 2024

Makanan Halal ala Drama Korea, Cek Restoran di Korea Selatan Yuk

Assalamualaikum. Terus terang saya mulai terkontaminasi setelah nonton beberapa drama Korea. Beruntungnya fasilitas nonton Drakor di rumah lengkap, eh menurut saya ya. Selain viu, ada Netflix, dan Disney. Tapi sejak kenal Netflix, saya lebih suka memilih  nonton di layanan ini. Saking setiap hari mantengin drakor, bikin saya auto terbayang bayang dengan makanan dalam tayangan tersebut. 

Yang kemudian terjadi adalah obrolan dengan pak suami, misalkan suatu hari kami mendapatkan rejeki bisa ke Korsel. 

"Di Korsel ada makanan halal?"
"Ada dong, aku udah nonton video salah satu YouTubers, dia jajan makanan halal di sana. Tenang aja,"

Memang kalo mengingat Korea Selatan mayoritas penduduknya adalah non-Islam, maka kebanyakan yang dijual produk non halal. Meski tak menutup kemungkinan ada juga resto atau tempat makan penjual masakan halal.

Bagi kamu yang suka nonton drama Korea, pasti pernah ngiler saat tokoh dalam cerita menikmati makanan atau jajanan khas Korea Selatan.

Namun tahu kah kamu kalo hidangan yang nampak lezat itu belum tentu halal. Jadi saat kamu sedang berada di Korea Selatan, pastikan mencari makanan Korea halal. Kamu harus tahu bahan makanan yang digunakan dalam hidangan yang kamu pilih tidak mengandung daging babi atau alkohol.

Namun kamu nggak perlu khawatir karena kamu bisa dapat daftar lengkapnya pada artikel kali ini. Mulai dari jajanan khas Korea Selatan sampai menu berat yang bikin perut kenyang.

Daftar Makanan Halal di Restoran Korea Selatan

Makanan atau jajanan Korea yang halal dan sering tampil dalam drama Korea, sebagai berikut :

- KIMBAP

theasianslice.com

Jajanan yang satu ini tentu sudah tak asing lagi bagi lidah orang Indonesia. Jenis Makanan Korea yang terdiri dari nasi yang dibungkus dengan rumput laut ini populer sebagai menu bekal sekolah atau piknik. Gimbap juga cocok dijadikan menu makanan untuk dijadikan bekal aktivitas di luar ruangan seperti hiking.

- Bibimbap

Picture pixabay by @nikluv

Makanan korea yang halal selanjutnya yakni Bibimbap. Hidangan Ini berupa nasi putih dengan lauk sayur serta daging dan telur. Selain itu ada juga saus pedas gochujang yang menambah cita rasa dalam makanan ini.

- ODENG / Fishcake soup 

Odeng merupakan makanan berkuah yang berisi fishcake khas negeri ginseng. Rasanya yang pedas, gurih, dan menghangatkan perut membuat odeng banyak diminati ketika mendekati musim dingin ataupun hujan. 

Potongan fishcake yang lembut seperti tahu ini bahannya diibuat dari berbagai macam. Ada yang dibuat dari kulit kembang tahu dan diisi bahan protein. Ada juga yang bahannya mengandalkan telur dan sayuran serta bumbu yang diaduk menjadi adonan dan dicetak. Cara makannya dicocol saus kecap asin dengan potongan cabe. Atau bisa juga dibuatkan kuah yang segar.

https://asktheman.xyz/

- Tteokbokki

Kamu pasti udah paham dengan tteokbokki, bahkan udah sering jajan atupun bikin sendiri di dapur rumah. Tteokbokki memang udah banyak yang dijual dalam bentuk kemasan instan di supermarket ataupun minimarket.

tteokbokki
islamictubeuk.com


Tteokbokki dilihat dari segi bahannya makanan ini tersusun dari garaetteok, pasta cabai korea, cabai bubuk korea, dan gula. Selain itu juga ada bawang bombay, daun bawang, fish cake dan wortel. Dari segi bahan terdapat makanan yang cukup asing yakni garaetteok. 

Lalu haramkah bahan makanan ini? Jawabnya tidak, sebab makanan ini berasal dari beras yang diolah mirip dengan punten bila di Indonesia, bedanya bentuknya bulat. Oia tentang punten nanti saya buatkan artikel tersendiri ya. Garaetteok adalah salah satu variasi dari tteok atau kue beras Korea, dibentuk menjadi bentuk silinder putih panjang.
 

- Jajangmyeon

Jajangmyeon tergolong makanan halal yang recommended untuk dicoba. Kalo saya lihat di Drakor itu, beberapa ada yang nayangin tokoh utama atau pembantu menikmati mie dengan saus berwarna hitam. Rupanya Saus hitam itu terbuat dari kacang kedelai hitam yang sangat terkenal di Korea. 

https://www.gastrotourseoul.com/korean-jajangmyeon-noodles/

Tekstur mie yang digunakan untuk jenis makanan jajangmyeon terlihat kenyal. Mie ini kemudian disiram pasta kacang hitam untuk memberikan perpaduan rasa yang manis dan gurih. Eh ini sih kata si mbak youtuber itu ya.

- Japchae



Bahan yang digunakan mirip jajangmyeon, yaitu bihum atau soun yang dimasak bersama isian sayuran dan protein. Bahan pembuatan soun goreng ini adalah minyak sayur, bawang putih, daging sapi cincang, wijen, bawang bombay, wortel, paprika, daun kucai, dan jamur kuping. Kalo dari penggunaan bumbu yang terdiri dari bahan yang familiar seperti kecap, garam dan sejenisnya, udah umum dipakai di Indonesia.

Restoran Halal di Korea Selatan

Sudah ngomongin makanan halal ala drama Korea meski nggak banyak. Karena saya juga sebatas nonton channel salah satu YouTubers Indonesia yang tinggal di Korea Selatan. Nggak lengkap ya kalo nggak saya tuliskan juga di mana kamu bisa mendapatkan makanan halal saat di Korea Selatan.

Berikut ini beberapa restoran atau tempat makan yang bisa kamu kunjungi :

1. DONG MUN

Nami Island adalah salah satu tempat wisata yang harus dikunjungi, terutama pada musim gugur untuk menikmati pemandangan cantik ketika daun-daun berguguran. 

Namun tahukah jika kamu sedang berada di Nami Island, terdapat sebuah restoran yang menyediakan makanan khas korea yang halal? Dong Mun adalah restoran bersertifikasi halal yang terletak di Nami Island. Restoran ini menjual berbagai macam masakan Asia mulai dari makanan Vietnam, Thailand, China dan tentunya juga makanan Korea yang halal. Seperti Bibimbab, jajangmyeon dan bulgogi.

Ini adalah tempat yang tepat bagi kamu bisa menikmati makanan khas Korea tersebut setelah seharian mengelilingi Nami Island yang indah. Untuk jam operasional, restoran ini buka pada pukul 10 pagi sampai 7 malam (hari kerja dan musim dingin) dan pada pukul 10 pagi sampai 8 malam (akhir pekan dan saat bukan musim dingin). Untuk harga makanan biasanya dibandrol dengan harga KRW 10.000 sampai KRW 12.000 per porsi.

Lokasi: 1 Namisum-gil, Namsan-myeon, Chun-cheon-si, Gang-won-do.

2. EID – 이드 Halal Korean Food

Jika memikirkan tentang restoran halal di Seoul, EID pasti jadi salah satu yang akan terpikirkan pertama kali. Berlokasi tak jauh dari Seoul Central Mosque, restoran ini dikelola oleh keluarga Muslim Korea dan merupakan restoran favorit di kalangan traveler Muslim dari seluruh dunia. Kamu bisa mencoba beragam makanan khas Korea di sini seperti bibimbap dan bulgogi, tentu saja lengkap dengan banchan-nya!

Alamat: 
67 Usadan-ro 10-gil, Hannam-dong, Yongsan-gu, Seoul

Cara ke sana: Gunakan subway ke Itaewon Station. Keluar dari Exit 3, lanjutkan dengan berjalan kaki selama sekitar 10 menit.
Jam buka: 11.30-21.00 (Selasa libur)

3. Yang Good BBQ

Ke Korea Selatan katanya nggak boleh pulang kalo belum kulineran BBQ. Ada restoran BBQ halal di Seoul dan kamu bisa mengunjungi Yang Good BBQ. Lokasinya tak jauh dari Gangnam yang terkenal itu. Nah mereka itu menggunakan daging bersertifikat halal yang diimpor dari Australia. 

Salah satu menu yang populer di Yang Good BBQ adalah daging domba mereka yang disajikan dengan bumbu spesial yang lezat. Jadi nggak heran kalo Yang Good BBQ menjadi salah satu restoran halal di Seoul yang paling populer. Perlu diketahui karena restoran ini juga populer di kalangan penduduk lokal. Jadi seperti kebiasaan yang udah mendarah daging, mereka tetap menyajikan minuman alkohol.

Cara ke sana: Gunakan subway ke Eonju Station (Exit 8) atau Gangnam Station (Exit 12). Lanjutkan dengan berjalan kaki selama sekitar 10 menit.
Jam buka: 16.00 - 23.00 (Minggu libur)

Sekian info seputar makanan halal yang ada di Korea Selatan. Saya menuliskan artikel ini sambil ngiler. Akhirnya besoknya nyari minimarket penjual odeng dan tteokbokki, dua jajanan yang udah dua kali saya nyicipi, hahahaa. Artikel ini terinspirasi dari tulisan mbak Maria Tanjung yang juga Blogger Surabaya. Semoga bermanfaat ya, wassalamualaikum.

Sumber materi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Garaetteok
https://islamictubeuk.com/makanan-korea-halal-analisis-bahan-dan-cara-pembuatannya/
https://www.klook.com/id/blog/restoran-halal-terpopuler-di-seoul/

Tidak ada komentar: