ASUS LAPTOP AI Pertama Hadir Menjadi Pilihan Utama Konsumen - My Mind - Untaian Kata Untuk Berbagi

Rabu, 12 Juni 2024

ASUS LAPTOP AI Pertama Hadir Menjadi Pilihan Utama Konsumen

Assalamualaikum Sahabat. Pertama kali ada kabar kalo brand ASUS akan hadir di Kota Semarang untuk memperkenalkan produk terbaru, saya udah penasaran. Tahu nggak karena apa? Kalo yang ngikutin saya sejak lama, di akun sosial media sering loh saya sharing tentang produk dan brand ASUS. 

Jadi ya... masa sih saya nggak ingin gabung dalam acara Media Roadshow 2024 yang memperkenalkan produk brand ASUS AI. Yaitu jajaran laptop yang sudah dibekali dengan hardware dan fitur berbasis AI. 

Cerita Perjalanan Laptop ASUS 

Sebelum saya jabarkan Laptop ASUS AI itu fiturnya seperti apa, sini saya ajak flashback ke tahun 1997. Laptop ASUS P6300 yang pertama kali hadir tahun 1997 itu udah yang terbaik. laptop ASUS ini dipilih sebagai perangkat pendukung untuk misi Kosmonot Rusia di stasiun luar angkasa MIR. Dalam misi tersebut, laptop mampu bertahan tanpa masalah apapun di lingkungan gravitasi mikro yang penuh dengan radiasi kosmik selama 600 hari. 



Sejak itu pula setiap produk yang diluncurkan oleh ASUS hingga saat ini, selalu melalui uji ketahanan. ASUS juga selalu mengedepankan inovasi serta kualitas di setiap produknya. Produk Ultrabook ASUS menjadi yang paling diminati dan mendapatkan penghargaan terbaik.

Berikutnya tahun 2018 hadir Zenbook Pro 15 (UX580) merupakan seri ZenBook pertama yang mengadopsi ScreenPad, yang juga berfungsi sebagai layar kedua. ScreenPad ini dilengkapi dengan berbagai fungsi ekstra seperti dapat terintegrasi dengan aplikasi Microsoft Office hingga Spotify.

Tahun 2019, ASUS kembali menghadirkan inovasi berupa ScreenPad Plus. Sesuai dengan namanya, ScreenPad Plus merupakan layar kedua yang ukurannya lebih besar dari ScreenPad dengan posisi tepat di bawah layar utama yang sejajar dengan keyboard. Hal ini memungkinkan penggunanya menikmati ruang kerja yang lebih luas. ScreenPad Plus pertama kali hadir pada ZenBook Duo (UX481) ScreenPad Plus.

Inovasi yang terus dilakukan oleh ASUS, menghadirkan laptop dengan layar yang bisa dilipat dan dirilis tahun 2022. Zenbook 17 Folddable OLED UX9702 dilengkapi dengan Windows 11 lebih nyaman di mata dan mampu bekerja lebih optimal. Yang menarik dari laptop ini ada enam mode penggunaan untuk mengoptimalkan produktivitas pengguna. Mulai dari mode laptop, mode tablet, mode laptop dengan Bluetooth Keyboard, mode desktop, mode baca, dan mode extended.

Selanjutnya tahun 2024 ini hadir Zenbook DUO UX8406 dengan Dual-Screen. Laptop AI dengan dua layar terbaik saat ini dengan 5 metode penggunaan yang sangat fleksibel dan nyaman bagi penggunanya. Lebih jauh ada penjelasannya nanti di bawah.

Laptop Terbaik untuk Pelajar



Tahun 2023 lalu ASUS telah memperkenalkan dua laptop terbaik untuk pelajar yaitu Vivobook 14 (A1404) dan Vivobook Go 14 (E1404). Laptop dengan desain trendy, body tipis dan ringan, cocok digunakan untuk pelajar dan mahasiswa. Dengan aktivitas yang padat, mobile, laptop ini pas banget menjadi teman mengerjakan tugas sekolah maupun kuliah.
Silakan baca ulasan saya :


Kedua laptop ini merupakan laptop dengan spesifikasi serta harga terbaik di kelasnya. Hayuk baca detil laptop yang target marketnya diperuntukkan bagi pelajar. Laptop ini sudah mengantongi sertifikasi US Military Grade (MIL-STD-810H). Artinya, Vivobook 14 (A1404) dan Vivobook Go 14 (E1404) sudah lolos bermacam uji ketahanan ekstrem berstandar militer AS. 

Vivobook 14 (A1404) dan Vivobook Go 14 (E1404) memiliki performa yang dapat diandalkan karena ditenagai oleh prosesor 13th Gen Intel® Core™. Sistem operasi kedua laptop juga udah menggunakan Windows 11 dan telah dilengkapi Microsoft Office Home and Student 2023 dengan lisensi seumur hidup. 

Vivobook 14 (A1404) merupakan versi terbaru demgan layar Full HD serta memori yang dapat di-upgrade. Meski demikian, laptop ini tetap hadir dengan desain yang cukup portabel dengan bobot 1,4 Kg dan ketebalan 1,7 cm. Nah, Vivobook Go 14 (E1404) menawarkan desain yang lebih portabel untuk para pelajar dengan mobilitas tinggi. Senang pasti dong bisa membawa laptop dengan bobot hanya 1,3 Kg. Bahkan dimasukkan ke dalam tas pun ga bakal bikin bahu pegal. Kedua laptop ini sudah tersedia di Indonesia di harga mulai dari enam jutaan rupiah.

ASUS Laptop AI Pertama Didukung Fitur Keren

ASUS dikenal sebagai brand terajin dengan update produk yang selalu diminati dan dinantikan oleh konsumen. Saat hari Kamis, tanggal 6 Juni 2024 kemarin tim ASUS memperkenalkan laptop dengan logo ASUS AI, saya sangat excited.

Sebelumnya saya udah nonton YouTube yang mengulas tentang laptop AI, salah satunya brand ASUS.

“Semua laptop yang memiliki logo ASUS AI dipastikan hadir sebagai laptop AI, sehingga masyarakat Indonesia tidak akan kesulitan saat mencari laptop AI,” ujar Jimmy Lin, ASUS Southeast Asia Regional Director.

Lebih lanjut Jimmy menjelaskan bahwa ASUS AI merupakan bentuk komitmen ASUS dalam menghadirkan inovasi teknologi laptop terdepan. Bahkan hingga saat ini, ASUS merupakan satu-satunya brand laptop yang konsisten menghadirkan jajaran laptop AI serta memiliki portofolio produk paling lengkap.

Apa sih laptop berbasis AI itu?

Laptop berbasis AI adalah laptop yang udah dilengkapi dengan kecerdasan buatan, di mana penggunanya terbantu hingga mampu meningkatkan efisiensi kerja secara lebih produktif.

Ada banyak kekhawatiran dari gen Z yang bakal terganggu atau kehilangan pekerjaan dengan kehadiran teknologi AI. Udah seharusnya kekhawatiran itu tidak perlu. Kalo para pekerja bisa menyeimbangkan etos kerjanya dengan lebih produktif dan efisien. Karena hadirnya AI yang merupakan sebuah tools pasti akan dipakai saat ini dan masa depan.

Si Paling Inovatif


ASUS memudahkan konsumen yang mencari laptop berbasis AI dengan adanya logo ASUS AI. Dan udah dipastikan dengan adanya logo ASUS AI artinya laptop udah dibekali software dan hardware berbasis AI. Beberapa persyaratan kategori laptop berbasis AI, adanya prosesor yang udah memiliki NPU atau Neural Processing Unit. Keberadaan NPU untuk membantu pemrosesan AI di laptop menjadi jauh lebih efisien.

Syarat laptop berbasis AI lainnya adalah dibekali sistem operasi Windows 11 Home yang kompatibel dengan fitur Copilot. Dukungan Copilot dan Windows 11 akan memberikan pengalaman penggunaan AI secara maksimal. Dalam waktu dekat ASUS akan menghadirkan aplikasi dan fitur berbasis AI dalam laptop ASUS AI untuk memperkuat ekosistemnya.

Si Paling Lengkap


Kalian perlu tahu yagesyaa, kalo ASUS merupakan satu-satunya brand laptop di Indonesia dengan jajaran laptop AI paling lengkap melalui ASUS AI. Mulai dari satu-satunya laptop AI dengan layar ganda yaitu Zenbook DUO (UX8406), laptop AI paling tipis dan ringan yaitu Zenbook S 13 OLED (UX5304), hingga laptop AI pertama di Indonesia yaitu Zenbook 14 OLED (UX3405). Dan ketiga laptop tersebut dijamin memiliki persyaratan sebagai laptop AI.


Tiga Laptop ASUS AI Yang Bisa Kamu Miliki

Zenbook DUO (UX8406)


Nah, berbeda dengan yang sebelumnya, Zenbook DUO (UX8406) merupakan satu-satunya laptop AI dengan dua layar yang ukurannya sama besar. Zenbook DUO (UX8406) merupakan laptop yang powerful. Ditenagai oleh prosesor Intel® Core™ Ultra Series yang di dalamnya sudah dibekali Intel® AI Boost NPU dan chip grafis Intel® Arc™. Tampil sebagai laptop ASUS AI, Zenbook DUO (UX8406) ditenagai oleh Windows 11 dan didukung Copilot untuk pengalaman AI sekaligus multitasking tak tertandingi.


Zenbook DUO (UX8406) bukan sekadar laptop dengan dua layar biasa. Laptop ini telah dinobatkan sebagai Honoree di ajang CES 2024 Innovation Awards.


Yang menarik adanya lima model penggunaan, yang membuat laptop ini sangat fleksibel untuk berbagai aktivitas. Zenbook DUO (UX8406) hadir di Harga mulai dari Rp34.999.000.


Zenbook S 13 OLED (UX5304)

Sementara Zenbook S 13 OLED (UX5304) adalah laptop AI yang paling tipis, ringan, dan ringkas. Meski memiliki bobot hanya 1 kg, Zenbook S 13 OLED (UX5304) juga ditenagai oleh prosesor Intel® Core™ Ultra Series dan didukung Windows 11 serta Copilot, sehingga laptop ini juga merupakan laptop ASUS AI yang paling portabel.


Zenbook S 13 OLED (UX5304) memiliki keunikan pada material yang digunakan. Bagian belakang layar laptop ini dibuat menggunakan bahan Plasma Ceramic Aluminium yang diproses secara khusus. Kelebihan material ini adalah tidak melibatkan cairan kimia sama sekali, sehingga sangat ramah terhadap lingkungan. Merunut hal ini, Zenbook S 13 OLED (UX5304) mendapatkan berbagai sertifikat ramah lingkungan. Di Indonesia, laptop ini dipasarkan mulai dari harga Rp24.999.000.


Zenbook 14 OLED (UX3405)



Ini yang menarik minat saya hingga akhirnya fokus melihat fitur yang keren. Perlu kamu tahu, kalo Zenbook 14 OLED (UX3405) ini adalah laptop AI pertama di Indonesia. Zenbook 14 OLED (UX3405) merupakan laptop AI pertama ASUS dengan desain premium dan portabel. Dengan berukuran tipis (ketebalan 14,0 mm) dengan bobot ringan (1,2 kg), serta udah dibekali prosesor Intel® Core™ Ultra Series.

Prosesor generasi terbaru yang telah ditenagai oleh AI. Tujuannya adalah agar dapat mengakomodasi pemrosesan aplikasi berbasis AI secara lebih optimal dan hemat daya. Kapasitas baterai 75 Wh, bisa digunakan lebih dari 15 jam, dan fast charging.

Zenbook 14 OLED (UX3405) juga hadir dengan layar ASUS Lumina OLED beresolusi 3K. Dengan layar yang memiliki resolusi WQXGA + dan aspek rasio 16:10, kecerahan puncak adalah 600, kecepatan refresh 120 Hz dan waktu respons piksel 0,2 ms.

Hadir sebagai perangkat penunjang produktivitas dan mobilitas, Zenbook 14 OLED (UX3405) juga dirancang tangguh dan berhasil meraih sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD-810H). ASUS bahkan menghadirkan Zenbook 14 OLED (UX3405) sebagai laptop tipis ramah lingkungan dengan jejak karbon hingga 50% lebih rendah dibandingkan laptop sekelasnya. ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405) dipasarkan mulai dari Rp16.699.000.


Picture by Uniek


Nah, pilihan laptop AI dari brand ASUS udah saya jelaskan secara detil di atas. Kembali lagi ya pilih sesuai kebutuhan kamu dan tentunya budget yang ada. Semoga bermanfaat ya sahabat. Wassalamualaikum.

Tidak ada komentar: